Bimtek Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa

  • Oct 09, 2023
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Selasa-Rabu (3-4/10) bertempat di Omah Gecol Kecamatan Eromoko diadakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Giriwoyo. Peserta kegiatan tersebut adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, Kaur tata Usaha dan Kaur Perencanaan. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Inspektorat Kabupaten Wonogiri, Kejaksaan Negeri Kabupaten Wonogiri dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Wonogiri.

Peserta kegiatan pada hari pertama adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa/kaur Keuangan. Materi Bimtek seputar tertib administrasi dalam upaya pencegahan terjadinya penyimpangan penggunaan anggaran. Narasumber yang didatangkan adalah Inspektorat kabupaten Wonogiri dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Wonogiri. Narasumber memberi penjelasan seputar aturan aturan yang harus dipehuni supaya tidak ditemukan penyimpangan mulai dari perencanaan di RPJMDes dan RKPDes, Penyusunan APBDes, Penatausahaan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDes. Mulai dari perencaan sampai pertanggungjawaban harus sinkron, artinya penggunaan anggaran harus sesuai dengan apa yang tertuang di APBDes, APBDes harus sesuai dengan RKPDes dan RKPDes harus sesuai dengan RPJMDes.

Peserta kegiatan pada hari kedua adalah Sekretaris Desa, Kaur Tata Usaha dan Kaur Perencaan, materi Bimtek pada hari kedua seputar aset desa mulai dari pengelolaan aset desa sampai dengan pelaporan aset desa di aplikasi SIPADES. Narasumber pada hari kedua adalah Dinas Pemberdayaan Manusia Kabupaten Wonogiri dan Tenaga Ahli TPP kabupaten Wonogiri. Setelah Bimtek dilanjutkan Oriantasi Lapangan ke Kopi Lego yang beralamat di Desa Gombengsari Kecamatan kalipuro kabupaten Banyuwangi. [wied]