Kemeriahan Menyambut HUT RI Ke 78

  • Aug 20, 2023
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Bulan Agustus adalah bulan dimana Bangsa Indonesia menyatakan merdeka dari penjajah dan berdiri menjadi sebuah negara yang merdeka, tahun 2023 Negara Indonesia merayakan kemerdekaannya yang Ke 78 tahun. Kemeriahan merayakan kemerdekaan sudah mulai terasa sejak awal Bulan Agustus, masyarakat memasang bendera merah putih dan umbul-umbuh didepan rumah masing-masing dan juga ditempat-tempat umum seperti masjid, balai desa dan lain-lain.

Ada berbagai macam acara untuk mengisi kemerihaan kemerdekaan antara lain diadakannya lomba-lomba disetiap dusun baik untuk umum maupun untuk anak-anak. lomba-lomba tersebut sifatnya untuk bersenang-senang dan meningkatkan kekompakkan antar warga masyarakat, ada yang dilakukan berkelompok dan ada juga yang sendiri-sendiri. Ada banyak jenis lomba seperti misalnya lomba pukul air, merias wajah dengan mata tertutup, joget balon, memasak olahan singkong, sepeda hias, nyunggi tampah, nggendong senik kewalik, senam, jalan sehat, makan kerupuk dan masih banyak lagi.

Warga masyarakat menyambut dengan antusias kegiatan-kegiatan tersebut, hampir semua berpartisipasi mengikuti lomba walaupun dengan hadiah yang ala kadarnya saja mereka sudah bahagia. Pada tanggal 16 Agustus 2023 atau malam 17 Agustus 2023 diadakan tirakatan di Balai Desa Platarejo dan dimasing-masing dusun. Tirakatan diadakan untuk mengenang perjuangan para pahlawan dan mengirim doa kepada para pahlawan yang telah gugur berjuang melawan penjajah.

Puncak acara di Bulan Agustus ini adalah dengan ikut sertanya Desa Platarejo dalam pawai budaya dan kebangsaan (karnaval) yang diselenggarakan ditingkat kecamatan pada Minggu (20/8). Karnaval diikuti oleh semua elemen masyarakat dari masing-masing dusun dan lembaga yang ada di Desa Platarejo dengan menampilkan potensi-potensi yang ada di Desa Platarejo. Semua rangkaian kegiatan dibulan Agustus ini diadakan untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap bangsa dan negaranya yaitu Indonesia sehingga setiap orang akan merasa memiliki bangsa ini dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang baik yang memberikan manfaat untuk bangsa dan negara Indonesia. [wied]

#Terus Melaju Untuk Indonesia Maju