Lomba Cipta Menu PMT

  • Jun 24, 2023
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Jum'at (23/6) kemarin Pemerintah Desa Platarejo bersama TP PKK Desa Platarejo menyelenggarakan Penyuluhan dan Lomba Cipta Menu PMT dalam rangka pencegahan stuntting pada bayi dan balita di Desa Platarejo. Peserta kegiatan ini adalah ibu balita perwakilan dari setiap dusun dan perwakilan kader posyandu setiap dusun di Desa Platarejo. Acara yang dibuka Kepala Desa Platarejo pada pukul 08.00 WIB tersebut menghadirkan narasumber sekaligus juri dari UPTD Puskesmas Giriwoyo 2 yaitu Lina Kusmiyati selaku Bidan Desa Platarejo dan Endah Dwi Apriliani selaku ahli gizi di UPTD Puskesmas Giriwoyo 2. Selain dari UPTD Puskesmas Giriwoyo 2, narasumber dan juri juga berasal dari TP PKK Desa Platarejo yaitu Ketua TP PKK Desa Platarejo Wiwik Astuti dan Ketua Pokja IV TP PKK Desa Platarejo Suyanti.

Aspek yang dinilai dalam lomba ini meliputi nilai gizi, kreativitas, cita rasa, tampilan, aspek keamanan pangan, biaya dan pemaparan peserta lomba. Setiap peserta diminta mempresentasikan hasil karyanya didepan para juri mulai dari bahan-bahan yang digunakan sampai proses pengolahan dan penyajiannya. Ada berbagai macam menu yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut seperti naget, puding, sempol, arem-arem, risol dan lain sebagainya yang tentunya dalam pembuatanya memperhatikan nilai gizi, tampilan dan biaya sehingga sesuai dengan kebutuhan balita dan terjangkau secara ekonomi. Setelah proses penilaian selesai dilanjutkan dengan penyuluhan atau mengulas menu PMT yang tercipta terutama dilihat dari nilai gizi apakah sudah sesuai dengan kebutuhan balita atau belum. 

Setelah narasumber memberikan ulasan dan merekap jumlah nilai masing-masing peserta, narasumber/juri mengumumkan pemenang lomba. Pemenang Lomba Cipta Menu PMT yang diselenggarakan Pemerintah Desa Platarejo bersama TP PKK Desa Platarejo tahun 2023 ini adalah Sumartin dari Posyandu Dusun Watuireng Lor sebagai juara I, Juara II Iin Widyaningrum dari Posyandu Dusun Nawangan Kidul dan Juara III Putri Puji Lestari dari Posyandu Dusun Platarejo. Masing-masing pemenang lomba mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Desa Platarejo berupa uang pembinaan. Besar harapan pemerintah desa dengan diadakannya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan semangat ibu balita dan kader Posyandu dalam memberikan PMT yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan balita dan terjangkau secara ekonomi sehingga tidak ditemukan lagi kasus gizi kurang ataupun stuntting di Desa Platarejo. [wied]