Musyawarah Desa Penetapan KPM BLT DD Tahun 2023

  • Jan 13, 2023
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Jum'at (13/1) dilaksanakan Musyawarah Desa Penetapan KPM BLT DD Tahun 2023. Musyawarah dihadiri oleh BPD Platarejo, Perangkat Desa, Ketua RT, Ketua RW, ketua LPM, ketua karang taruna desa dan pengurus TP PKK Desa Platarejo. Acara yang dimulai pukul 08.30 WIB tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Platarejo Haryanto, SP. Dalam sambutannya Haryanto, SP menyampaikan terkait dengan penggunaan Dana Desa Tahun 2023. "Dana Desa Tahun 2023 dalam penggunaanya kurang lebih masih sama dengan tahun 2022 lalu yaitu salah satunya untuk BLT DD jadi di tahun 2023 ini belum bisa sepenuhnya melakanakan pembangunan desa, pembangunan hanya yang bersifat darurat saja seperti talud."

Pada APBDes Platarejo Tahun 2023 Pemerintah Desa Platarejo menganggarkan Rp. 126.000.000,- (seratus dua puluh enam juta rupiah) untuk belanja BLT DD selama tahun 2023. Dalam penentuan KPM BLT DD pemerintah desa berpedoman pada peraturan yang ada yaitu orang tua lanjut usia KK tunggal, keluarga yang terdapat anggota keluarga yang sakit kronis, keluarga yang terdapat anggota keluarga yang disabilitas dan keluarga miskin ekstrim. Dalam hal ini pemerintah desa juga mempertimbangkan keluarga yang menjadi penerima bantuan sembako dan PKH yang sudah dinonaktifkan pemerintah dan dimasukkan KPM BLT DD dengan ketentuan apabila dikemudian hari bantuan sembako atau PKH cair maka BLT DD dihentikan.

Berdasarkan hasil musyawarah desa ditetapkan 35 KPM BLT DD Tahun 2023 dengan Peraturan Kepala Desa Nomor 2 Tahun 2023. 5 KPM dari Dusun Ngampohan, 4 KPM dari Watuireng Lor, 5 KPM dari Dusun Watuireng Kidul, 5 KPM dari Dusun Platarejo, 3 KPM dari Dusun Platar, 4 KPM dari Dusun Nawangan Lor, 4 KPM dari Dusun Nawangan Kidul dan 5 KPM dari Dusun Ngudal. Besar harapan dari Pemerintah Desa Platarejo semoga bisa membawa manfaat untuk masyarakat penerimnya. [wied]