Pembentukan Forum Komunikasi Antar Kelembagaan Desa (FKAKD) Desa Platarejo

  • Dec 07, 2023
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Kamis (7/12) bertempat di Balai Desa Platarejo diselenggarakan Pembentukan Forum Komunikasi Antar Kelembagaan Desa (FKAKD) Desa Platarejo. Pembentukan FKAKD yang dimulai pukul 09.30 ini dihadiri oleh BPD Desa Platarejo, Pemerintah Desa Platarejo, Ketua RT/RW se-Desa Platarejo, TP PKK Desa Platarejo, KPMD, KPM, Ketua Karang Taruna Dusun dan Desa, Ketua Gapoktan dan Ketua Kelompok Tani serta Pengurus BUMDes Subur Makmur Desa Platarejo. 

Lembaga-lembaga desa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Antar Kelembagaan Desa (FKAKD) di Desa Platarejo antara lain LPM, RT/RW, TP PKK, Karang taruna, Posyandu dan Kelompok Tani. Tujuan dibentuknya FKAKD ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang mungkin timbul di desa dan memudahkan koordinasi antar lembaga desa sehingga terwujud sistem tata kelola desa yang demikratis, partisipatif, transparan dan akuntabel yang didorong oleh kemauan, kesungguhan dan kejujuran para pemangku desa.

Setelah melalui Musyawarah disepakati bahwa untuk ketua FKAKD Desa Platarejo adalah Sumadi dan Giyarto dari unsur RT/RW, Sekretaris Wahyu Saptaningsih dari unsur karang taruna dan bendahara Nusyatun dari unsur kader posyandu. Untuk anggotanya antara lain Sularto dari unsur RW, Asep Sulhadi dari unsur RT, Bayu Aji dari unsur karang taruna, Jamsari dari unsur kelompok tani, Ruli Indraswari dari unsur TP PKK, Mrmin dari unsur LPM dan Novita Widiawati dari unsur kader posyandu. kepengurusan FKAKD tersebut juga mempertimbangkan wilayah tempat tinggal pengurus sehingga semua dusun dapat terwakili. [wied]