Penyaluran BLT DD Bulan Desember

  • Dec 08, 2022
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Kemarin Rabu (7/12) bertempat di Balai Desa Platarejo dilaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Bulan Desember atau tahap ke 12 atau yang terakhir di tahun 2022 ini. BLT DD ini merupakan salah satu belanja dalam APBDes Platarejo Tahun 2022 pada bidang 5 yaitu bidang tak terduga, darurat dan keadaaan mendesak lainnya. Tujuan dari belanja ini adalah dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat terdampak pandemi covid-19 dan meningkatkan daya beli masyarakat. Untuk tahun mendatang pemerintah desa belum bisa memastikan apakah belanja BLT DD masih ada atau tidak karena terkait dengan regulasi yang ada dan kalaupun ada belum bisa memastikan apakah keluarga penerima manfaat atau KPM masih sama atau berubah. 

Dalam sambutannya Kepala Desa Platarejo Haryanto, SP menyampaikan terkait dengan bantuan sosial yang tengah ramai diperbincangkan masyarakat yaitu bansos subsidi BBM, bansos sembako dan bansos PKH. Bahwasannya bansos-bansos tersebut basis datanya adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga yang mendapatkan bansos-bansos tersebut namanya terdaftar dalam DTKS. "Masyarakat hendaknya jangan membuat gaduh atau resah dengan memposting bansos tersebut dalam medsos sehingga tidak menimbulkan kecemburuan dimasyarakat."

Pada tahun 2022 ini pemerintah Desa Platarejo menganggarkan dana Rp. 302.400.000,- (tiga ratus dua juta empat ratus ribu rupiah) untuk 84 KPM. Dalam perjalannya selama tahun 2022 terdapat 4 pergantian KPM BLT DD dikarenakan 1 KPM meninggal dunia dan 1 KPM pndah domisili dan 2 KPM sebagai penerima bansos PKH atau ganda bantuan. Mekanisme pergantian KPM sesuai dengan kesepakatan hasil musyawarah desa pada Bulan Januari lalu yaitu diambilkan dari daftar tunggu sesuai dengan nomor urutnya, sehingga tidak menimbulkan permasalahan dimasyarakat.