Peringatan Hari Gizi Nasional

  • Jan 26, 2023
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Rabu (25/1) TP PKK Desa Platarejo bersama UPTD Puskesmas 2 Giriwoyo memperingati Hari Gizi Nasional yang bertempat di Balai Desa Platarejo. Acara tersebut dimulai pada pukul 09.30 WIB dan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PKK. Setelah itu pembukaan oleh ketua TP PKK Desa Platarejo Wiwik Astuti Haryanto dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Platarejo. Dalam sambutannya Kepala Desa Platarejo menyampaikan kegiatan-kegiatan TP PKK yang didanai dari APBDes Platarejo Tahun 2023. Kegiatan tersebut antara lain honor untuk pengajar PAUD, TPQ dan sekolah minggu agama katolik.  Honor PPKBD dan Sub PPKBD, PMT balita penyuluhan, PMT Balita pemulihan gizi, PMT ibu hamil KEK, transport kader posyandu, pembelian peralatan posyandu, operasional posyandu remaja, operasional TPPS dan TPK, operasional BKB dan pelatihan dan penyuluhan untuk ibu bayi dan balita.

Setelah sambutan dari kepala desa acara dilanjutkan dengan bongkar isi piringku yaitu membuka bekal makan siang dari kader posyandu, kader posyandu diminta untuk membawa bekal makan siang dari menu yang dimasak dirumah. Selanjutnya nutrisionis UPTD Puskesmas Giriwoyo 2 Ibu Aprilia Endah menjelaskan tentang gizi seimbang yang harus mengandung makanan pokok sebanyak sepertiga bagian dari isi piringku. Makanan pokok ini dapat berupa beras/nasi, gandum, jagung, ketela, roti, sagu dan lain-lain sebagai sumber karbohidrat. Sepertiga isi piringku selanjutnya adalah sayur mayur sebagai sumber vitamin, dan sepertiga lainnya adalah buah dan lauk pauk. Sayur dan buah yang dikonsumsi tidak perlu mahal atau membeli tapi bisa juga memanfaatkan sayur dan buah yang ada dipekarangan rumah. Sedangkan untuk lauk pauk sebagai sumber protein dapat berupa protein hewani dan protein nabati. Contoh sumber protein hewani adalah daging, telur, ikan, dan udang, sedangkan sumber protein nabati dapat berupa tahu, tempe dan biji-bijian.

Adapun tema dari peringatan hari gizi tahun ini adalah "isi Piringku Kini kaya protein Hewani. Protein Hewani Cegah Stuntting".  Dengan adanya acara ini diharapkan kader posyandu memiliki pemahaman mengenai gizi seimbang yang harus dikonsumsi oleh bayi dan balita agar bayi dan balita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan usianya dan yang lebih penting lagi adalah terhindar dari stuntting. [wied]