Rapat Pleno Terbuka Daftar Perubahan Pemilih Hasil Pemutakhiran Pemilu 2024

  • Apr 02, 2023
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Jum'at (31/3) bertempat di Balai Desa Platarejo Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Platarejo menyelenggarakan Rapat Pleno Daftar Perubahan Pemilih Hasil Pemutakhiran secara terbuka untuk umum. Acara yang dimulai pukul 16.15 WIB tersebut mengundang Pengawas Keluarahan/Desa (PKD) Platarejo Tri Masrifah, Perwakilan Partai Politik Ranting Desa PKS, Golkar, PDIP dan PAN serta Kepala Desa Platarejo Haryanto, SP. Acara tersebut juga mengundang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PANTARLIH) Desa Platarejo sebanyak 10 Orang dan dihadiri juga oleh perwakilan PPK Giriwoyo Muh. Hisyam Ramadhani. 

Setelah acara dibuka oleh Ketua PPS Retno Septiani dibacakan Tata Tertib Rapat dan setelah peserta memenuhi kuorum maka PPS membacakan Rekapitulasi Data Pemilih Hasil Pemutakhiran yang terdiri dari jumlah pemilih aktif, jumlah pemilih baru, jumlah pemilih tidak memenuhi syarat karena meninggal dan pindah, jumlah pemilih perbaikan data serta jumlah pemilih potensial non KTP-el. per TPS se Desa Platarejo. Setelah tidak ada tanggapan dari peserta rapat maka PPS menetapkan dan membacakan Berita Acara Rekapitulasi Daftar Perubahan Pemilih Hasil Pemutakhiran Tingkat Desa Platarejo. Setelah itu berita acara diserahkan kepada PKD, Kepala Desa dan perwakilan parpol yang hadir dalam rapat. 

Setelah acara selesai Kepala Desa Platarejo Haryanto, SP memberikan tanggapan terhadap hasil rapat tersebut. "Coklit tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena untuk pemilih yang meninggal harus menyertakan bukti akta kematian atau dokumen sejenis dan itu menjadi kendala manakala yang besangkitan telah meninggal lama dan tidak ada bukti dokumennya." Kepala Desa Juga mengapresiasi kerja PPS dan Pantarlih yang telah berusaha sebaik mungkin menyajikan data pemilih yang valid dengan cara mengcoklit dari rumah ke rumah. [wied]