Rembug Stuntting Tahun 2023

  • Aug 20, 2023
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Selasa (15/8) bertempat di Balai Desa Platarejo dilaksanakan musyawarah desa Rembug Stuntting Tahun 2023. Peserta Rembug Stuntting tersebut berasal dari berbagai elemen masyarakat diantaranya perangkat desa, ketua RW selaku tokoh masyarakat, pengurus TP PKK, PPKBD, Sub PPKBD, Bidan Desa, TPK (Tim pendamping Keluarga), TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stuntting), Kader Posyandu, KPM (Kader Pembangunan Manusia) dan Karang Taruna Desa. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah tim dari Puskesmas Giriwoyo II, Pendamping Desa, Forkompincam, dan petugas dari BKKBN/PLKB kecamatan Giriwoyo.

Dalam musyawarah dihasilkan beberapa kesepakatan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencegahan dan penurunan stuntting di Desa Platarejo. Ada 11 kegiatan yang akan dilaksanakan baik dilaksanakn tahun ini maupun tahun yang akan datang, kegiatan tersebut antara lain : 

1.

Mengikuti penimbangan serentak (oleh Nakes) sebagai tolak ukur validasi data Balita

2.

Menerima distribusi alat Antropometri

3.

Mengikuti pelatihan penggunaan alat Antropometri sesuai standart

4.

Pembinaan Posyandu tentang administrasi dan pengisian KMS

5.

Menyusun menu PMT sesuai prinsip 4 Bintang

6.

Melanjutkan PMT Pemulihan untuk Balita gizi kurang dan Bumil KEK

7.

PMT Balita stuntting yang membutuhkan

8.

Merujuk Balita yang terindikasi bermasalah ke Puskesmas

9.

Mendukung kegiatan Posyandu Remaja

10.

Melaksanakan penyuluhan untuk tidak merokok saat tilik bayi

11.

Melaksanakan penyuluhan ASI Eksklusif

Sumber pendanaan dari kegiatan tersebut adalah dari APBDes Tahun 2023 dan harus dianggarkan lagi di tahun 2024. Semua elemen masyarakat diharapkan dapat bahu membahu mendukung dan melaksanakan program tersebut dengan sebaik baiknya sehingga tercapai tujuan menuju Desa Platarejo yang zero stuntting atau tidak ditemukan kasus stuntting pada bayi dan balita. [wied]