Sosialisasi Vaksinansi PMK, Penandaan dan Pendataan Ternak

  • Oct 04, 2022
  • Webadmin Desa Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri

Selasa (4/10) bertempat di Balai Desa Platarejo dilaksanakan Sosialisasi Vaksinansi PMK, Penandaan dan Pendataan Ternak untuk Desa Platarejo. Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Drh. Tri Murni, Drh. Aris Susilo dari Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Nakperla) Kecamatan Giriwoyo dan Polmas Platarejo Aiptu Widodo.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut mengundang perangkat desa/kepala dusun dan ketua RT RW se Desa Platarejo. Dalam sambutannya Kepala Desa Platarejo Haryanto, SP menyampaikan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2022 difokuskan untuk pencegahan stuntting yaitu untuk pembelian peralatan posyandu remaja dan posyandu balita serta untuk menuntaskan pemberian bantuan kolam dan bibit lele untuk ibu hamil dan balita. Selain itu perubahan APBDes juga diperuntukkan pada kegiatan RTLH dan jambanisasi keluarga miskin dalam rangka percepatan STBM di Desa Platarejo. 

Polmas Desa Platarejo Aiptu Widodo dalam sambutannya memberikan himbauan supaya hasil sosialisasi ini dapat diteruskan kepada warga masyarakat agar tidak terjadi salah informasi terkait dengan vaksinansi PMK. Selain itu beliau juga menghimbau untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat mengingat akhir-akhir ini  terjadi kasus pencurian hewan ternak terutama kambing. Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan karena sebentar lagi menghadapi musim penghujan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan misalnya banjir akibat selokan yang mampet.

Dalam isiannya Drh Tri Murni menyampaikan bahwa Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) disebabkan oleh virus yang telah ada 30 tahun yang lalu dan terjadi lagi di tahun 2022 ini. penularan penyakit ini bisa melalui kontak langsung maupun tidak langsung jadi resiko penyebarannya sangat cepat. Sasaran dari pemberian vaksin PMK ini adalah semua ternak sapi yang ada di Desa Platarejo. Kriteria sapi yang layak mendapatkan vaksin adalah sapi yang sehat dan sudah sembuh dari PMK. Tujuan dari pemberian vaksin ini adalah untuk membentuk imun tubuh sapi supaya kebal terhadap PMK. Pemberian vaksin PMK ini sudah lolos uji coba sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan keamanan vaksin bagi ternak mereka. Jika terjdi hal-hal yang tidak diinginkan maka masih ada pendampingan dari Nakperla kecatan Giriwoyo. Informasi ini sangat penting untuk sampai kepada masyarakat sehingga program vaksinansi PMK dapat sukses terlaksana. Untuk Desa Platarejo vaksinansi PMK tahap pertama sudah terlaksana bulan September kemarin untuk kedepannya diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir akan keamanan vaksin tersebut.